Saturday, July 30, 2011

Cake Pisang Susu

Cake ini agak sedikit beda lho dengan cake pisang yang dibeli di toko kue, karna biasanya Cake Pisang yang dibeli di toko kue rasa yang lebih dominan adalah terigunya (Jenis Bolu). Bedanya kalau Cake pisang ini lebih moist, creamy dan pisang banget.

Sebetulnya setiap aku buat Cake pisang ini adalah accident aja, saya sering stok pisang, karena pencernaanku agak bermasalah, dan tau kan... kalau pisang masak jenis apapun kurang tahan lama bila disimpan, terlebih Pisang Ambon (Merk apapun lah), lebih dari 3 hari di kulkas, alhasil warna kulit mulai kecoklatan dan benyek.

Nah untuk tindakan Reprentifnya, aku hancurkan pisang-pisang tersebut dengan garpu, dan bukan dengan blander. Karena jika kita pakai blander untuk menghaluskan pisang, tekstur pisang tersebut nanti ga terasa saat kita makan. Dan kalau diblander biasanya digunakan untuk buat bolu pisang (sponge). Jenis Cake ini agak sedikit bantet, kalau disimpan suhu ruang bisa bertahan hanya 3 hari, tapi kalau disimpan di Lemari es yaaa seminggu bisa lah. Tapi ketika mau dimakan lebih enak dipanaskan terlebih dahulu, karena penggunaan susu dan batter/margarinnya cukup banyak jadi Cake ini mudah beku.

Untuk Topping atau additional nya, biasanya saya suka siram dengan dark coklat yang sudah dilelehkan , whip cream, icing sugar, atau keju juga enak. Tapi kalau memakai topping keju, akan lebih enak jika keju tersebut di tabur sebelum di panggang.

Dan ada lagi rahasianya... Kebetulan saya suka dengan aroma dan rasa Cinnamon, jadi saya lebih sering memasukan Cinnamon di dalam cake jenis bake. Dan hasilnya, ok banget. Oya, dari pada tambah panjang cerita saya, lebih baik saya kasih resepnya deh. "Selamat mencoba".

Cake Pisang Susu

Bahan-bahannya:
3 buah pisang Ambon besar (hancurkan dengan garpu/biarkan bertekstur kasar)
3 butir telur ayam
gula pasir kira-kira 2 genggam (sekitar 20gr an)
susu kental manis putih sekitar 8 sdm
garam 1/4 sdt
tepung terigu jenis apapun kira-kira 30gr - 40gr
Vanili paste
butter/ margarin jg boleh sekitar 40gr

Topping:
keju parut
coklat yg dilelehkan 1/3 bar
icing sugar
cinnamon

cara memasaknya :

Kocok telur dan gula cukup pakai whisker, setelah tercampur masukan terigu, aduk hingga rata. Masukan butter/margarin (suhu ruangan)pisang yang sudah di hancurkan, susu kental manis, vanili paste, garam dan aduk hingga rata.

Siapkan loyang yang sudah di beri minyak dan terigu, agar tidak lengket. masukan adonan ke dalam loyang dan taburi dengan keju dan cinnamon. Saya sih ga pernah memanaskan oven terlebih dahulu, jadi saya langsung masukan bakal cake ke oven dengan temperatur 145Oc selama 30 menit. Untuk memastikan matang anda dapat menusukan lidi kedalam adonan, jika adonan sudah tidak menempel maka cake sudah jadi, atau lihat apakah sudah kecoklatan dan kering permukaannya.

Dan Cake Pisang Susu selesai... tunggu hingga dingin, siram dengan lelehan coklat... Dijamin ENAK.....

No comments:

Post a Comment